Kendaraan listrik bertenaga baterai/Battery Electric Vehicle (BEV) menjadi pilihan tepat di dunia saat ini mengingat terkait fungsionalitasnya dalam mendorong pengurangan pemanasan global yang tentunya mendorong ke arah dekarbonisasi. BEV ini tentunya sama juga dengan kendaraan bermesin bahan bakar fosil, memerlukan servis berkala agar tetap beroperasi dengan normal. Pengujian resistansi isolasi adalah prosedur penting dalam mencegah kenjutan listrik dari komponen tegangan tinggi (HV) pada saat teknisi bengkel melakukan perawatan dan inpeksi. Pengujian resistansi ini merupakan langkah tepat untuk melindungi teknisi karena tegangan tinggi dari BEV sangat berbahaya. Selain itu, pengujian ini akan terus menjadi semakin penting karena pasar kendaraan listrik terus meningkatkan voltase kendaraan listrik dari tahun ke tahun.
Langkah Pengukuran Tahanan Isolasi
Dalam pengujian ini, kami memverifikasi bahwa tidak ada cacat pada insulasi antara sistem tegangan tinggi (HV) dan tanah. Untuk referensi, lokasi pengukuran diberi label sebagai berikut:
A: Inverter, motor, dll.
B: Sasis
C: Kabel HV
D: Baterai HV
Alur pengujian isolasi adalah sebagai berikut:
1.Pastikan untuk mematikan (*1) sistem Tegangan Tinggi (HV) kendaraan dengan mencabut steker atau sakelar servis sebelum melakukan pengujian tahanan isolasi pada kendaraan listrik.
2.Lakukan pengujian tegangan nol dengan multimeter dan beberapa prosedur keselamatan lainya, untuk memastikan proses aman dan tidak berbahaya yang kemudian lanjut dengan pengujian tahanan isolasi.
3.Tegangan uji yang diterapkan selama pengukuran insulasi harus lebih tinggi dari tegangan baterai kendaraan. Saat mengukur resistansi isolasi dengan penguji isolasi HIOKI IR4057 misalnya, gunakan rentang 500 V jika baterai kendaraan listrik adalah 400 V. Harap diingat bahwa voltase uji dapat bervariasi berdasarkan model kendaraan.
4.Menilai insulasi baik atau buruk berdasarkan nilai resistansi insulasi yang ditentukan untuk model kendaraan oleh pabrikan.
5.Seperti yang ditunjukkan pada Tabel 1, pengujian dilakukan pada konektor baterai HV (sisi baterai HV) dan konektor inverter (sisi inverter). Pengujian dilakukan antara masing-masing konektor kabel HV samping (baterai dan inverter) dan arde sasis kendaraan. Karena ada dioda di sisi inverter, perlu untuk mengganti polaritasnya, sehingga pengujian dilakukan dua kali.
*1:Pelepasan komponen tegangan tinggi merupakan pekerjaan yang berbahaya. Pastikan bahwa personel yang memenuhi syarat yang ditentukan oleh undang-undang dan peraturan dengan pelatihan profesional melakukan pekerjaan. Untuk detailnya, harap ikuti manual pengoperasian dari masing-masing produsen kendaraan.
Tabel 1 : Titik Uji
Titik Uji | Terminal Positif Penguji Isolasi (+) | Terminal Negatif Penguji Isolasi (-) |
Sisi baterai HV | Terminal positif dari konektor (+) | Tanah |
Terminal negatif konektor (−) | Tanah | |
Sisi inverter | Terminal positif dari konektor (+) | Tanah |
Terminal negatif konektor (−) | Tanah | |
Tanah | Terminal positif dari konektor (+) | |
Tanah | Terminal positif dari konektor (-) |
Untuk pengukuran yang lebih aman dan lebih efisien
Selanjutnya, kita akan melihat penguji resistansi isolasi Hioki’s IR4057-50, termasuk fitur-fiturnya dan mengapa ini adalah pilihan yang baik untuk mengukur isolasi pada kendaraan listrik baterai.
- Untuk rentang HV (500 V atau 1000 V), IR4057-50 memiliki fitur keselamatan yang mengharuskan teknisi membuka kunci selain memilih voltase untuk mencegah kesalahan pengoperasian penerapan tegangan tinggi ke peralatan bertegangan rendah.
Test lead dengan remote switch (dijual terpisah), L9788-10, memungkinkan Anda untuk memulai dan menghentikan pengukuran dari jari-jari anda. Itu dilengkapi dengan LED, yang membantu dengan visibilitas dan penilaian lulus/gagal seketika saat pengukuran sedang berlangsung.
Kabel tegangan tinggi (HV) tidak stabil selama pengujian insulasi, membuatnya sulit untuk memeriksa terminal konektor dengan aman. Dengan IR4057-50, pengukuran berkelanjutan dan pengukuran kecepatan tinggi (waktu respons 0,3 detik) dapat membuat pengukuran aman.
Dengan tali magnetik Z5020 yang dapat menempelkan alat ke kendaraan, Anda dapat melakukan uji insulasi sambil memeriksa pembacaan setinggi mata, lebih ergonomi.
Memasang Adaptor Wireless Z3210 ke IR4057-50 .Dengan menghubungkan instrumen ke aplikasi seluler Gennect Cross, Anda dapat mendigitalkan dan mengelola data pengukuran Anda. Dengan menyimpan data dan membandingkannya pada inspeksi tahunan, tindakan pencegahan terhadap kerusakan isolasi BEV dapat dilakukan.